Kiat menjalankan bisnis Les privat dan bimbingan belajar


Kiat menjalankan bisnis Les privat dan bimbingan belajar

  1. Cari pengajar les privat dari berbagai sumber.Diantaranya para mahasiswa yang kuliah di bidang tersebut dan bisa mengajar.lakukan screenning kepada mereka yang akan menjadi pengajar,dengan pertimbangan dapat memberikan motivasi kepada si murid serta kecakapannya dalam mengajar.

  2. Pilih tempat yang akan digunakan sebagai kantor/Sekertariat.Diutamakan yang strategis sehingga mudah di jangkau dan bisa membantu dalam pemasaran serta promosi.

  3. Urus perizinan,paling tidak izin lingkungan akan keberadaan usaha ini.

  4. Siapkan perlengkapan administrasi,seperti formulir pendaftaran bagi calon murid,daftar pengajar,sistem absensi dan sistem pembayarannya.Untuk memudahkan,ikuti saja model/sistem yang baku yang digunakan jasa pendidikan lainnya.

  5. Koordinasi dan akomodasi tenaga pengajar agar sesuai dengan staandar pengajaran dan modul yang sudah ditetapkan.Bagaimanapun usaha bimbingan belajar/les privat mengutamakan mutu/kualitas pembelajaran agar tujuan peserta tercapai.

  6. Monitor terus perkembangan usaha anda sehingga masalah kecil yang muncul dapat segera diatasi

Modal yang diperlukan

Ajak satu atau lebih orang lain untuk bergabung,baik secara modal atau keahlian.Dengan cara ini beban kerja,waktu dan modal bisa berbagi dengan orang lain.selain berbagi beban dan resiko,keuntungan pun bisa dilakukan dengan sistem bagi hasil

Modal yang diperlukan tentu saja bangunan yang digunakan sebagai kantor dan banyaknya ruang yang akan digunakan sebagai tempat belajar-mengajar(tapi bagi yang menggunakn sistem door to door, tidak memerlukan ruang untuk proses Belajar-mengajar),administrasi,ruang tamu,kamar mandi,dan tempat untuk parkir motor/mobil.selain itu,diperlukan inventaris kelengkapan belajar seperti meja,kursi,dan white board.Ada juga modal untuk operasional,diantaranya buku modul,ATK,serta gaji pengajar dan tenaga pembantu lain.

Tetapi modal utama adalah kemauan dari diri sendiri,tekad untuk sukses serta doa,yang lain bisa di siasati.

0 komentar: