"Saatnya perguruan tinggi hasilkan wirausahawan"

JAKARTA (Bisnis.com): Paradigma pengembangan perguruan tinggi nasional dinilai sudah harus diubah dari penciptaan lulusan tenaga kerja menjadi sarjana pelopor dan pencipta lapangan kerja.

Tren pengembangan perguruan tinggi di luar negeri justru mulai dominan untuk menciptakan lulusan wirausahawan, sehingga mampu memberikan dampak besar terhadap pengembangan perekonomian.

Ferdinand Saragih, dari Prodi Ilmu Administrasi Niaga Fisip Universitas Indonesia, mengatakan banyak universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Eropa yang tidak lagi menciptakan lulusan tenaga kerja, tapi pencipta lapangan kerja.

”Perguruan tinggi di Indonesia harusnya juga mulai diarahkan menjadi pencetak sarjana wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja dan bukan sekedar mencari kerja,” ungkapnya dalam seminar tentang Peran Staregis School of Business Menghadapi persaingan Global di Jakarta, hari ini.

Dia menilai perubahan paradigma itu akan mampu mendorong lulusan perguruan tinggi menjadi sumber daya manusia yang produktif dengan tingkat produktiftas tinggi.

Sementara itu, Kusdi Raharjo, pengajar Universitas Brawijaya Malang, mengatakan perguruan tinggi merupakan salah satu media untuk melahirkan pelaku wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Menurut dia, wirausaha bisa juga dilahirkan melalui praktik langsung di lapangan sebagai pelaku wirausaha yang kemudian tumbuh menjadi entitas bisnis yang besar.

Akan tetapi, lanjutnya, perguruan tinggi tetap punya peran penting untuk melahirkan pengusaha yang lebih matang dan tangguh dalam perencanaan dan strategi bisnis, karena wirausaha termasuk dalam lapangan akademis yang bisa dipelajari.

Menurut Alois A. Nugroho dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Atma Jaya, lulusan PT harus disiapkan sebagai SDM multinasional yang siap berkiprah bukan hanya di korporasi domestik tapi juga multinasional dengan tingkat kompetensi tinggi.

Dia mengatakan semua itu hanya bisa dicapai bila sistem pendidikan di perguruan tinggi mampu menciptakan model dan sistem pendidikan yang mengacu pada standar SDM internasional.

Dirjen Dikti Fasli Djalal menargetkan pengajaran wirausaha sudah bisa diterapkan penuh dalam sistam pendidikan tinggi nasional dalam beberapa tahun ke depan, sehingga bisa menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha.(er)

0 komentar: